Translate

Wednesday 6 January 2016

Diabetes : MENURUT DOKTER-DOKTER YANG BERBEDA (Part 4)

      DIABETES MENURUT DOKTER NATUROPATI 

  • Dokter Naturopati atau N.D. adalah para dokter yang telah menempuh pendidikan kodekteran di Fakultas Kedokteran Naturopati, fakultas kedokteran yang belum ada di Indonesia.
  • Di negara-negara Eropa seperti di Inggris misalnya,  dua dari tiga penderita diabetes datang berobat ke dokter naturopati.
  • Dokter-dokter naturopati memiliki pandangan yang sama tentang diabetes dengan dokter spesialis endokrinologi dan menjalankan pola-pola penanganan yang sama seperti yang dilakukan oleh dokter Joel Fuhrman. Dokter Naturopati memiliki pandangan yang sama dengan dokter ketimuran dan dokter Ayuverda (obat-obatan Ayurveda berasal dari bahan alam).

      DIAGNOSA, PENANGANAN, DAN PROGNOSA

  • Tidak apa perbedaan antara dokter spesialis penyakit dalam atau internis, dokter spesialis hormon atau endokrinologis, dokter naturopati dan dokter Ayuverda dalam hal pengecekan medik untuk diagnosa dan prognosa diabetes.
  • Yang berbeda adalah tata cara penanganan diabetes tersebut.

      KEPUTUSAN KITA

  • Kita sebagai manusia tentu bisa memilih penanganan mana yang tepat untuk diri kita sendiri dari pandangan-pandangan kedokteran tersebut.
  • Tetapi fakta berbicara bahwa ketika mengidap diabetes kita sebagian besar fokus pada gula darah bersama dokter spesialis penyakit dalam;
  • dan ketika diabetes telah memburuk karena mengalami komplikasi dengan penyakit-penyakit lain, kita baru mulai berpikir untuk mencari the second opinion tentang diabetes, atau mencari pengobatan cara lain. Yaitu cara pengobatan yang sebagian besar tidak berdasarkan kepada ilmu kedokteran dalam hal diagnosa, penanganan, dan prognosa diabetes. 
  • Pandangan dokter spesialis endokrinologi (ahli kelenjar, contoh kelenjar : misalnya kelenjar pankreas, kelenjar adrenal yang ada di atas ginjal, kelenjar pituitari, kelenjar tiroid, dan beberapa organ reproduksi, seperti ovarium dan testis.) adalah sama dengan pandangan para dokter naturopati (N.D) dan dokter Ayuverda terhadap diabetes.

Jadi ada satu kelompok dokter yang mengatakan bahwa diabetes tidak dapat disembuhkan sehingga yang dilakukan hanya mengontrol gula darah;
dan ada empat kelompok dokter yang mengatakan bahwa diabetes dapat disembuhkan sehingga komplikasi-komplikasi diabetes dapat dicegah dan dapat disembuhkan.  

  • Stanley Mirsky, M.D., dokter ahli penyakit dalam Amerika Serikat di dalam buku Diabetes Survival Guide mengajarkan kita tentang diabetes dan berbagai komplikasinya dari perspektif dokter medik internis; sedangkan Joel Fuhrman, M.D., dokter medik spesialis endokrinologi (hormon) di dalam bukunya The End of Diabetes.
  • Mengajarkan kita tentang tata cara tubuh kita memulihkan dirinya sendiri dari diabetes dengan menggunakan nutrisi yang tepat dan kalori yang berkwalitas, buku yang terbit tahun 2013 disusun berdasarkan pengalaman praktek klinis beliau selama 20 tahun di dalam memulihkan penderita diabetes dengan menggunakan metode Nutritarian Diet, yaitu nutrisi dan kalori berkwalitas yang bebas toksin.
 
;