Translate

Tuesday 5 January 2016

Diabetes : MENURUT DOKTER-DOKTER YANG BERBEDA (Part 3)

     DIABETES MENURUT DOKTER SPESIALIS HORMON 
 
  • Dokter  spesialis hormon atau endokrinologis yaitu dokter spesialis yang menangani hormon, dan dalam hal diabetes adalah hormon insulin yang berpusat pada organ pankreas.
  • Dokter Joel Fuhrman di dalam bukunya The End of Diabetes memandang bahwa diabetes terjadi karena penurunan kesehatan pankreas sehingga untuk mengatasi diabetes maka memperbaiki kesehatan pankreas adalah mutlak dilakukan.
  • Atau dengan kata lain bahwa dokter Joel Fuhrman menangani Penyebab Diabetes secara anatomik.

  • Perbaikan kesehatan pankreas ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada pankreas untuk melakukan regenerasi sel-selnya, dan dapat dilakukan dengan cara:

  1.     Menghindari penggunaan obat-obatan kimia yang dapat memaksa pankreas untuk bekerja lebih keras lagi  dalam memproduksi hormon insulin padahal pankreas sudah menderita sakit atau sudah lelah. Apakah yang dapat terjadi ketika badan kita lelah dan sakit tetapi tetap dipaksa untuk terus bekerja ?
  2.     Memperbaiki kondisi psikologis pengidap diabetes untuk tidak lagi fokus pada upaya-upaya menurunkan gula darah pada level yang diinginkan secara tidak bijaksana dengan memasukkan resiko kesehatan secara keseluruhan ke dalam masalah besar. Artinya bahwa gula darah dipelihara dengan cara yang bijaksana sehingga diabetes tidak mengalami komplikasi dengan penyakit-penyakit lain.
  3.     Menghindari pemberian rasa aman yang semu terhadap pengidap diabetes dengan memberikan obat penurun gula darah.
  4.     Menghindari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalori yang tidak berkwalitas.
  5.     Menghindari makanan dan minuman yang mengandung toksin yang tidak hanya berbahaya bagi pankreas tetapi juga bagi organ-organ tubuh lainnya.  
  6.     Tetap membiarkan gula darah bergerak elastis tanpa minum obat diabetes asalkan penderita diabetes tetap dalam koridor Nutritarian Diet atau diet makanan sehat dan menyehatkan seperti yang telah dokter Joel Fuhrman terapkan kepada pasien-pasien diabetesnya.
  7.     Menggunakan makanan yang tepat sebagai obat diabetes.  

        Dari kedua pandangan dokter spesialis tersebut kita perlu mempertimbangkan tentang perbedaan dasar keilmuan dari kedua dokter spesialis tersebut yaitu:

  1.     Yang satu menangani Akibatnya saja yaitu gula darah tinggi.
  2.     Yang satu menangani Penyebabnya yaitu pankreas yang sakit.  

  • Penanganan diabetes bersama dokter medik spesialis penyakit dalam dapat menjadi awal yang bagus untuk berkembangnya diabetes mengalami komplikasi dengan penyakit-penyakit lain; dan penanganan diabetes sesuai petunjuk dokter Joel Fuhrman, dokter spesialis hormon akan menjadi awal pemulihan diabetes sehingga diabetes sembuh dan tidak mengalami komplikasi dengan penyakit-penyakit lain, atau diabetes tetap aman dan tidak mengalami komplikasi penyakit.

  1. Dokter spesialis penyakit dalam mengatakan bahwa diabetes tidak dapat disembuhkan.
  2. Sedangkan dokter Joel Fuhrman mengatakan bahwa diabetes dapat disembuhkan.

Inilah perbedaan diantara dua dokter medik dari dua spesialisasi berbeda. Silahkan pilih jalan mana yang Anda mau ikuti. 

0 komentar:

Post a Comment

 
;